Barang siapa MENCELA / MENCEMOOH / BENCI / MEMUSUHI Presiden Orde Baru = Bpk Suharto, ikuti langkah di bawah ini =
1. Coba di rumah kamu buat Program-program simulasi / membayangkan kalau saja KAMU yang menjadi Presiden MAKA APA SAJA YANG KAMU BUAT UNTUK RAKYAT dan bandingkan dengan Presiden Suharto lebih bagus mana ???? 5 tahun Pak Suharto dengan 5 tahun Kamu lebih bagus mana ????? PERBANDINGAN adalah kebenaran dan bukti mana yang lebih baik
JIKA mencela/menilai jelek orang lain CONTOH = orang dalam negeri atau luar negeri, SILAHKAN coba anda/kamu membuat PROGRAM-PROGRAM lalu bandingkan dengan orang yang anda/kamu cela/menilai jelek orang lain
2. Pembredelan Media Televisi, Radio, dan Cetak saat Orde Baru mengajarkan pada mereka untuk sopan santun berakhlaq mengikuti ajaran Nabi Adam[1]as,
Idris[1], Nuh[1], Hud[1], Shaleh[1],Ibrahim[1], Luth[1]Ismail[1], Ishaq[1], Yaqub[1], Yusuf[1],
Ayyub[1], Syu'aib[1], Harun[1], Musa[1], Luqman[1], Khidir[21],Yusya[23], Syamuil[25], Dawud[1], Sulayman[1], Uzayr[28], Ilyas[1],
Ilyasa[1],Yunus[29], Ishaia[25], Armya/Irmiya[25, Zulkifli[29], Daniel[31],
Zakariyya[29], Yahya[29], IsaAl-Masih[29], Muhammad[29]SAW.
= contoh Bersedia datang ke PENGADILAN bila diundang, berbakti pada Orang Tua, SOPAN SANTUN, Jujur, Adil, Tidak Korupsi, Bertanggung jawab, Bekerja dengan Tulus ikhlas karena NEGARA adalah hak dan kewajiban semua warga negara Indonesia
3. Bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan, jujur, adil adalah PENDIDIKAN manusia-manusia zaman orde baru termasuk oleh Pak Presiden Suharto.
Sedangkan di bawah ini silahkan dibaca dan dipikirkan =
Orang-orang yang mencela Orde Baru memiliki ciri-ciri sebagai berikut = orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab atas perbuatan mereka, lari dari tanggung jawab, berbohong, berdusta, tidak adil, melarikan diri dari pengadilan bila diundang ke pengadilan, pencuri
4. Lagu dan Nyanyian Ebiet G. Ade adalah contoh-contoh Karya Generasi Zaman dahulu yang bertemu dengan Orde Baru, Coba apakah yang ada dalam lagu tersebut ??? Jawabannya adalah Akhlaq dari Al Quran dan Sunnah Nabi Adam[1]as,
Idris[1], Nuh[1], Hud[1], Shaleh[1],Ibrahim[1], Luth[1]Ismail[1], Ishaq[1], Yaqub[1], Yusuf[1],
Ayyub[1], Syu'aib[1], Harun[1], Musa[1], Luqman[1], Khidir[21],Yusya[23], Syamuil[25], Dawud[1], Sulayman[1], Uzayr[28], Ilyas[1],
Ilyasa[1],Yunus[29], Ishaia[25], Armya/Irmiya[25, Zulkifli[29], Daniel[31],
Zakariyya[29], Yahya[29], IsaAl-Masih[29], Muhammad[29]SAW.
Lagu EBIET G. ADE ada di bawah setelah tulisan ini, silahkan didengarkan
5. Di antara mereka orang-orang ORDE BARU ada yang memiliki sikap baik dan kebaikan = Contoh bila mereka bersalah akan SEGERA MENGAKUI, BERTANGGUNG JAWAB atas perbuatannya sebelumnya dan Juga DATANG KE PENGADILAN dengan jujur mengakui perbuatan mereka hingga Pengadilan memutuskan” SILAHKAN DICARI ORANG-ORANG TERSEBUT,
Coba lihat dan Bandingkan dengan Kamu atau Mereka yang mencela Orde Baru. Orang-orang yang mencela Orde Baru memiliki ciri-ciri sebagai berikut = orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab atas perbuatan mereka, lari dari tanggung jawab, melarikan diri dari pengadilan bila diundang ke pengadilan, pencuri, berbohong, berdusta, tidak adil
Alamat internet BLOG ini = http://fauzan-indonesia.blogspot.com . BLOG ini terhubung dengan PARTAI Demokrat, Gerindra, Golkar, Grup Music, Ahlussunnah Wal Jama'ah langsung Saudi Arabia, Katolik yang berjalan jujur+lurus, Kristen yang berjalan jujur+lurus, UNITED NATIONS Persatuan Bangsa-Bangsa, KORPRI Korp Pegawai Negeri Republik Indonesia, DLL
PEMBANGUNAN yang PENTING untuk CAPRES CAWAPRES terpilih tahun 2019 – 2024 :
1.Pembangunan BETON Pemecah Ombak di seluruh wilayah NEGARA INDONESIA manfaat = Mengurangi Tsunami dan Ombak Besar menjadi Kecil
2.Pembangunan BETON Penguat Fondasi Jembatan di seluruh sungai – sungai di NEGARA INDONESIA manfaat = Jembatan awet, tahan lama, hemat anggaran APBN
3.Penanaman Pohon MANGROVE, Beringin, Panggang, Kelapa, dan Pohon Keras lainnya di tanah-tanah Pantai sehingga kalau ada orang terseret TSUNAMI = masih kecantol di Pohon-pohon
4.Penanaman Pohon MANGROVE, Beringin, Panggang, Kelapa, dan Pohon Keras lainnya di tengah sungai saat sungai sedang KEMARAU sehingga kalau ada orang terseret Banjir = masih kecantol di Pohon-pohon
|
|
|
https://www.youtube.com/embed/KlF-2QfVDHo
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- 13 Medical Procedures Changing The Health World
- Should YOU study Biomedical Science? What is Biomedical Science? | Biomeducated
- Electronics repair made easy
- Electronic Basics #14: Capacitors
- Electronic Basics #16: Resistors
- Electronic Basics #22: Transistor ( BJT ) as a Switch
- Electro Tutorial 046 Transistor BJT
- Electronic Basics #20: Thyristor, Triac || Phase Angle Control
- Electronic Basics #19: I2C and how to use it
- Electronic Basics #12: Coils / Inductors (Part 1)
- Electronic Basics #11: Sending SMS with Arduino || TC 35 GSM Module
- Electronic Basics #18: DC & Brushless DC Motor + ESC
- Electronic Basics #17: Oscillators || RC, LC, Crystal
- Electronic Basics #31: Schottky Diode & Zener Diode
- Electronic Basics #21: OpAmp (Operational Amplifier)
- Electronic Basics #25: Servos and how to use them
- Electronic Basics #32: Relays & Optocouplers
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- 6 Medical Specialties with the Biggest Potential in the Future - The Medical Futurist
- Getting Better: 200 Years of Medicine
- Human digestive system - How it works! (Animation)
- How I Memorized EVERYTHING in MEDICAL SCHOOL - (3 Easy TIPS)
- 8 Medical Procedures That Are Improving Lives
- The Insane Engineering of the Perseverance Rover
- Quantum Computing in Healthcare / Episode 4 - The Medical Futurist
- The Language of Artificial Intelligence and How To Speak It / Episode 12 - The Medical Futurist
- What's The Deal With Artificial Intelligence in Healthcare? / Episode 8 - The Medical Futurist
- Top 10 Medical Technologies of the Future: Ranked! / Episode 7 - The Medical Futurist
- Electronics repair made easy
- Transistors - Electronics Basics 22 (Updated)
- Transistor-82 Lo-Fi Analog Percussion Synthesizer Overview Demo #1
- Mini Power Audio Amplifier Circuit Using 3 Transistor
- EECE 251 - BJT Tutorial B (saturation example)
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Widefield and Confocal Fluorescence Microscopy
- Aseptic Techniques: Cell Culture Basics
- Passaging Cells: Cell Culture Basics
- How to culture pluripotent stem cells in suspension: Initiation of PSC cultures in suspension
- Saving Lives with AI | Freethink
- The Chemical Bond: Covalent vs. Ionic and Polar vs. Nonpolar
- Chemical Bonding | Covalent Bond | Ionic Bonding | Class 11 Chemistry
- How atoms bond - George Zaidan and Charles Morton
- How polarity makes water behave strangely - Christina Kleinberg
- Polar Bonds and Molecules
- Polar Bonds and Hydrogen Bonds
- Chemical Bonding - Ionic vs. Covalent Bonds
- Ionic Bonding Introduction
- Galvanic Cells (Voltaic Cells)
- Voyage into the world of atoms
- Electrolysis
- Interdisciplinary Rounds
- Making Rounds: Medical Education Documentary Film
- Radio Doctor practices dying art of electronic repair
- My repair shop in Shenzhen China
- Electronics repair made easy
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Cardiovascular | Cardiac Cycle
- Cardiovascular | ECG Basics
- Cardiac Axis in 5 min
- 052 The Cardiac Cycle
- Electrocardiography (ECG/EKG) - basics
- Cardiac Output, Stroke volume, EDV, ESV, Ejection Fraction
- Heart Sounds Collection - EMTprep.com
- Rate and Rhythm | Sinus Bradycardia and Sinus Tachycardia
- Rate and Rhythm | Premature Ventricular Contraction (PVC)
- Rate and Rhythm | Ventricular Tachycardia
- Rate and Rhythm | Premature Atrial Contraction (PAC)
- Rate and Rhythm | Supraventricular Tachycardia (SVT) and Wolff-Parkinson-White (WPW) Syndrome
- ECG for Beginners. Understanding the waves of ECG, P wave, QRS complex.
- ECG for Beginners. ECG Diagnosis of ST Elevation Myocardial Infarction (STEMI)
- What Is Ejection Fraction And Its Link To Heart Failure?
- Cardiovascular | ECG Basics
- Ninja Nerds, Welcome to our Electrocardiogram (ECG) playlist! During this lecture we will begin by learning how to read and interpret a 12 lead ECG of Normal Sinus Rhythm. This video will lay down the groundwork you will need in order to read every ECG with confidence! This is an incredibly important clinical diagnostic tool that is used frequently by medical professionals most often in a hospital setting. ECG strip: Jason Winter @ ECG Educator DOWNLOAD the Normal Sinus Rhythm templates to learn while you watch! -Just click on this link for our Facebook (and please like our page to stay updated with new content) where it will be made available ----- https://www.facebook.com/pg/NinjaNerd... Support us by purchasing apparel or donating to our GoFundMe or Patreon! �� --Become a Patron of ours and receive the final, high resolution photo of the lecture! FUNDING GoFundMe | https://www.gofundme.com/ninja-nerd-s... APPAREL | https://teespring.com/stores/ninja-nerd PATREON | https://www.patreon.com/NinjaNerdScience SOCIAL MEDIA FACEBOOK | https://www.facebook.com/NinjaNerdSci... INSTAGRAM | https://www.instagram.com/ninjanerdsc... ALSO, check out our Medical channel | Ninja Nerd Medicine! https://www.youtube.com/ninjanerdmedi... 128 Komentar Foto profil default Tulis komentar publik... 梁晶瑜 梁晶瑜 1 tahun yang lalu Thanks,anyway, is that possible for u to change ur pointer into something more obvious? Because sometimes I just cant find out where are u focus now until u draw something on the screen! Thanks! 135 Donna Newkirk Donna Newkirk 9 bulan yang lalu I totally missed where you were pointing to when counting the QRS measurements. This doesn't work so well when you aren't there to see!! Otherwise, I love your videos! 38 Zetsuke4 Zetsuke4 1 tahun yang lalu 5 new videos in 1 day??!! Too good to be true, this is awesome! So happy! 32 Ninja Nerd Lectures Zack 11 bulan yang lalu For anyone want to know from where he got the number 300 We know beat per second equal to frequencies, so frequencies*60 = beat perminute and we know frequencies = (1/duration) where duration is the number of large box times 0.2 So Bpm=(1/0.2*number of large box)*60 Bpm=(5/number of large boxes)*60 Bpm=300/number of large boxes 19 Alexandra Jitărescu 10 bulan yang lalu This lesson is absolutely amazing! The only problem: when you say look at this R or look at this little box, it passes some time until I figure which R or which little box are you referring. So next time: can you put a big arrow or something that pops out? Thanks a lot for all your videos. All of them are very useful. I learned a lot ❤ 13 Prabineshwor Prasad Lekhak 1 tahun yang lalu Thanks, man! It really helps a lot. Do you mind making more EKG videos on HeartBlock, MI and many other conditions? That shall really help. :) 16 Maha Noor 8 bulan yang lalu Thank you for existing and saving my semesters everytime! 5 Krish Sathish 1 tahun yang lalu i love the work u guys do. U guys have helped me a lot throughout the years. just a quick favor. Could you talk more about skeletal and integuementary. Skeletal, specifically the physiology of like functions as well as ossification 11 Peter Vesalius 1 tahun yang lalu Have I been waiting for you!! PS., Could you do one on Syncope and Adrenal Crisis? �� 8 Con Franzell 9 bulan yang lalu The perfect definition of the word teacher is you. 16 Joe Amrine 1 tahun yang lalu You're so talented at explaining material... it's a very unique experience it's just so strange how before this was so challenging to learn but you make it so straight forward it's a surreal experience... 10 Himalaya Ganvir 1 tahun yang lalu wow the way you taught me was amazing 1 Belinda Joffe 9 bulan yang lalu I love re-learning medicine with you. Your teaching is incredible ! Labitta Aquaira 9 bulan yang lalu you're such a life saver :") thank you for the hard work! 1 Genthen Bovingshire 4 bulan yang lalu i cant believe how much easier you've made this to understand than my uni lectures. thanks 1 Souvik Das 7 bulan yang lalu U did a really nice job! I struggled for 2 years in my med school to understand ecg and leads.... and now i can say i atleast understand the basic ghooloobeats 1 bulan yang lalu I will make a big donation to you when i become a doctor! norman mcculloch 7 bulan yang lalu Thank you for your knowledge and willingness to share. your ability to breakdown complex material makes learning pleasurable.do you have contact information? Alfonso Cantor 9 bulan yang lalu I cant understand the book's explanation thanks for this God bless all of you guys who helped make this video and the other ones too! 1 Salma Elsenbawy 9 bulan yang lalu THANK YOU! YOU HAVE HELPED ME ALOT Berikutnya 1.03.56 SEDANG DIPUTAR Neurology | Anatomy & Function of the Cerebellum Ninja Nerd Lectures 699 rb x ditonton 2 tahun yang lalu 15.09 SEDANG DIPUTAR The Super Mario Effect - Tricking Your Brain into Learning More | Mark Rober | TEDxPenn TEDx Talks 8,9 jt x ditonton 2 tahun yang lalu 1.13 SEDANG DIPUTAR 360° Guided Tour of the Cell (demo) Nucleus Medical Media 340 rb x ditonton 4 tahun yang lalu 360° 52.29 SEDANG DIPUTAR Cardiovascular | ECG Basics Ninja Nerd Lectures 714 rb x ditonton 1 tahun yang lalu 12.37 SEDANG DIPUTAR Chest X Rays Made Easy! (Learn in 10 Minutes!) | PostGradMedic Ollie Burton 42 rb x ditonton 1 tahun yang lalu 9.15 SEDANG DIPUTAR Bom Lubang Hitam dan Peradaban Lubang Hitam Kurzgesagt – In a Nutshell 18 jt x ditonton 2 tahun yang lalu 44.59 SEDANG DIPUTAR Cardiovascular | Cardiac Output | Frank Starling's Law Ninja Nerd Lectures 393 rb x ditonton 3 tahun yang lalu 6.11 SEDANG DIPUTAR GLASGOW COMA SCALE (GCS) made easy (with ANIMATIONS & MNEMONICS)!!
- Electronics repair made easy
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Introduction to Pharmacology
- Categorizing Drugs: Classes, Names, and Schedules
- Methods of Drug Administration
- Pharmacokinetics: How Drugs Move Through the Body
- Pharmacodynamics: Mechanisms of Drug Action
- Introduction to Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs)
- Aspirin (Acetylsalicylic Acid)
- Acetaminophen/Paracetamol (Tylenol
- Electronics repair made easy
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- When to extubate ICU patients
- Ventilator Basics for ICU I
- Ventilator Basics for ICU II
- Sedation in ICU
- Management of sepsis in ICU
- Shock and perfusion in ICU
- Vasopressors in ICU
- Acute respiratory distress syndrome (ARDS)
- Mechanical ventilators in ICU
- Mechanical Ventilation, choosing ventilator settings
- When to extubate ICU patients
- Proning COVID-19 patients
- When to give steroids for COVID-19 ?!
- Electronics repair made easy
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Be smart with waste
- CitInAppU – For service companies and citizens How this Smartphone App works for you? Find out here:
- MRW Manufacturing
- MOBAmatic cross operation
- MOBA One Platform Various system solutions - modular HMI concept
- Pave-IR - How to tackle thermal segregation
- Installation and training MOBA PAVE-IR™ Scan
- Best Practices for Achieving Smoothness- Asphalt Paving
- MOBA PAVE-IR Setup Tutorial
- MOBA hall effect joystick is working under water
- MOBAmatic Controller Accessing the Back Menu
- MOBAmatic Y Cable Configuration
- MOBAmatic Working Window
- MOBAmatic Junction Box Configuration
- Menu Features of a MOBAmatic
- Menu Features of a MOBAmatic II
- Compaction control system for soil compactors and tandem rollers
- 2D Baggersteuerung zur Vermeidung von Korrekturarbeiten und manuelle Nachmessungen
- MOBA 2D Excavator System Xsite
- Motorgrader 2D and 3D machine control solutions for effecive road construction buildings
- MOBA Video Corporativo
- MOBA Imagefilm
- HMImc: A modular concept for operating units
- MOBA is connecting people with new roads between St. Petersburg and Moskau!
- Installation of a front-end loader with MOBA’s weighing system
- MOBA PAVE-IR - Airport Hamburg
- PAVE-IR Project - Galicia, Spain
- MOBA Wheel Loader Scale HLC for Overload Protection
- MOBA Laser Leveling on Paver
- MOBA On-Board Solutions Wheel Loader Scale HLC-2000 - Testimonial Paul Haney
- MOBA PAVE-TM: The Complete Solution for Quality Asphalt Paving
- A Day in the Life of a Quality Control Technician
- Asphalt sampling and testing
- Road Asphalt Core Test | Quality Test Of Asphalt Road | Civil Talk
- Fake Paving Slab or High Quality Asphalt ?
- Asphalt Paving Inspection (Part 2)
- QPR Quality Pavement Repair how to revie asphalt drive way pothole crack filler
- PQI - Pavement Quality Indicator Non Nuclear Asphalt Density Gauge
- Asphalt Paving Inspection (Part 1)
- Hot Mix Asphalt Testing and Inspection w Binder DVD HD
- Asphalt quality control
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Cara Instal Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)
- Registrasi Guru Pembelajar Online (GPO) Secara Mandiri
- Cara Mengetahui Nilai Tertinggi, Terendah, yang Masuk ke SMP Negeri di Kota Tasikmalaya 2017/2018
- Cara Mengetahui Kuota, Nilai Tertinggi, Terendah dan Peringkat pada PPDB ke SMA di Jawa Barat 2017
- Cara Download dan Instal Aplikasi PMP Versi 2.0 Tahun 2017
- Cara Download Rapor Sekolah
- Cara Membuat Konversi Nilai pada MS Excel
- APLIKASI RAPORT K-13 SEKOLAH DASAR (SD) REVISI 2017
- Cara Mengetahui Peserta Didik Yang Baru Lulus pada Dapodik Versi 2019
- Aplikasi Raport K13 SD 2018
- Proses Deskripsi Siswa Dan Pengiriman Nilai Akhir oleh Guru Mata Pelajaran pada e-Rapor SMP
- Cara Input Nilai Raport K13 di e-Rapor versi 2.0
- Cara Memberi Catatan Wali Kelas pada e-Rapor
- Menentukan Peringkat Siswa (Rangking) dengan MS Excel
- Manfaat Raport siswa di sekolah
Tutorial dan Pendidikan Pelajaran Ilmu Kerja Bekerja Pekerjaan
- Tutorial 153
- Tutorial 152
- Tutorial 151
- Tutorial 150
- Tutorial 149
- Tutorial 148
- Tutorial 147
- Tutorial 146
- Tutorial 145
- Tutorial 144
- Tutorial 143
- Tutorial 142
- Tutorial 141
- Tutorial 140
- Tutorial 139
- Tutorial 138
- Tutorial 137
- Tutorial 136
- Tutorial 135
- Tutorial 134
- Tutorial 133
- Tutorial 132
- Tutorial 131
- Tutorial 130
- Tutorial 129
- Tutorial 128
- Tutorial 127
- Tutorial 126
- Tutorial 125
- Tutorial 124
- Tutorial 123
- Tutorial 123
- Tutorial 122
- Tutorial 121
- Tutorial 120
- Tutorial 119
- Tutorial 118
- Tutorial 117
- Tutorial 116
- Tutorial 115
- Tutorial 114
- Tutorial 113
- Tutorial 112
- Tutorial 111
- Tutorial 110
- Tutorial 109
- Tutorial 108
- Tutorial 107
- Tutorial 106
- Tutorial 105
- Tutorial 104
- Tutorial 103
- Tutorial 102
- Tutorial 101
- Tutorial 100
- Tutorial 99
- Tutorial 98
- Tutorial 97
- Tutorial 96
- Tutorial 95
- Tutorial 94
- Tutorial 93
- Tutorial 92
- Tutorial 91
- Tutorial 90
- Tutorial 89
- Tutorial 87
- Tutorial 88
- Tutorial 86
- Tutorial 85
- Tutorial 84
- Tutorial 83
- Tutorial 82
- Tutorial 81
- Tutorial 80
- Tutorial 79
- Tutorial 78
- Tutorial 77
- Tutorial 76
- Tutorial 75
- Tutorial 74
- Tutorial 73
- Tutorial 72
- Tutorial 71
- Tutorial 70
- Tutorial 69
- Tutorial 68
- Tutorial 67
- Tutorial 67
- Tutorial 66
- Tutorial 65
- Tutorial 64
- Tutorial 63
- Tutorial 62
- Tutorial 61
- Tutorial 60
- Tutorial 59
- Tutorial 58
- Tutorial 57
- Tutorial 56
Sabtu, 27 Juni 2009
Dauroh Masyaikh Ahlussunnah Wal Jama'ah 2009/Biografi Pemateri
Hari, tanggal : Minggu 28 Juni 2009
File : Dauroh Masyaikh Ahlussunnah WaL Jama'ah 2009/Biografi Pemateri
Biografi Asy Syaikh Abdullah Al Bukhari hafidhahullah
Dikirim oleh webmaster, Senin 15 Juni 2009, kategori Info Dakwah
Penulis: Panitia Daurah Masyayikh 1430 - 2009
.: :.
Berikut biografi Asy-Syaikh Abdullah Al Bukhari, yang insya Allah akan hadir di tengah-tengah kita kedua kalinya, di kota Bantul, Yogyakarta tahun 2009 ini.
Nama :
'Abdullâh bin 'Abdirrahîm bin Husain bin Mahmûd As-Sa'di kemudian Al-Bukhâri Al-Madîni.
As-Sa'di adalah nisbah kepada Bani Sa'd yang berasal dari Ath-Thâ`if. Beliau dilahirkan di Madinah di desa Bâbut Tamâr.
Ayahnya :
Adapun tentang ayah beliau, yaitu Asy-Syaikh 'Abdurrahîm bin Husain Al-Bukhâri rahimahullah, tumbuh dalam kondisi yatim. Telah hafal Al-Qur`an semenjak kecil. Belajar di Madrasah Al-'Ulûm Asy-Syar'iyyah. Beliau sangat berprestasi. Di tengah aktivitasnya, beliau juga sangat aktif dan bersemangat menghadiri halaqah-halaqah ilmu di Masjid Nabawi dan mengambil ilmu dari para 'ulama pada waktu itu. Kemudian beliau pindah ke kota Riyâdh, bekerja sebagai staff Al-Malik (Raja) 'Abdul 'Aziz rahimahullah. Setelah itu beliau bekerja pada bidang lain, dan pada awal tahun 1374 H bergabung pada Hai`ât Al-Amri bil Ma'rûf. Pimpinan umumnya waktu itu adalah Asy-Syaikh Al-'Allâmah 'Umar bin Hasan âlu Asy-Syaikh. Asy-Syaikh 'Abdurrahîm Al-Bukhâri mendapat ijazah dan rekomendasi yang ditandatangani oleh Asy-Syaikh 'Umar bin Hasan âlu Asy-Syaikh atas kebaikan prilaku dan tugas beliau. Ijazah tersebut bernomor 2396/Kh/M tertanggal 25/9/1377 H.
Kemudian Asy-Syaikh 'Abdurrahîm pindah ke Madinah, bertugas di Al-Mahkamah Asy-Syar'iyyah Al-Kubrâ pada tanggal 13 – 2 – 1380 H. Pimpinan mahkamah pada waktu itu adalah Asy-Syaikh Al-'Allâmah 'Abdul 'Azîz bin Shâlih rahimahullah, beliau sekaligus imam dan khathib Masjid Nabawi. Asy-Syaikh 'Abdurrahîm juga mendapat ijazah dari pimpinan mahkamah tertanggal 21/9/1392 H. ditegaskan dalam ijazah tersebut : "Selama bertugas menjadi teladan dalam kesungguhan dan semangat kerja. Senantiasa menjalankan tugas dengan sangat baik."
Kemudian pada tanggal 1 – 4- 1388 H, beliau pindah ke Universitas Islam Madinah, dengan Asy-Syaikh 'Abdul 'Azîz bin Bâz rahimahullah sebagai rektornya. Beliau juga mendapat ijazah dari Asy-Syaikh Al-Imâm 'Abdul 'Azîz bin Bâz, bahwa "Bersifat dengan prilaku dan akhlaq yang baik, dan sangat bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas." Ijazah tersebut bernomor 338 tertanggal 27/31392 H. Beliau terus bertugas di Universitas Islam Madinah sampai pensiun pada 1 – 7 – 1407 H.
Asy-Syaikh 'Abdurrahîm Al-Bukhâri adalah seorang yang sangat rajin beribadah, bersemangat dalam ilmu, sangat mencintai dan menghormati para 'ulama, konsisten berpegang kepada sunnah, dan sangat menentang bid'ah dan para pengusungnya. Beliau juga menjaling hubungan sangat baik dan erat dengan sejumlah 'ulama besar Ahlus Sunnah, di antaranya Samâhatul Imâm Al-'Allâmah Al-Mufassir Muhammad Al-Amîn Asy-Syinqhîthi (penulis tafsir Adhwâ`ul Bayân ) rahimahullah, Samâhatul Imâm Syaikhul Islâm 'Abdul 'Azîz bin 'Abdillâh bin Bâz rahimahullah, beliau juga sering berhubungan dengan Asy-Syaikh Al-'Allâmah Al-Faqîh 'Abdurrahmân As-Sa'di –bahkan Asy-Syaikh Sa'di menghadiahkan kepada beliau sejumlah kitab yang padanya ada tulisan tangan beliau. Kitab-kitab tersebut masih tersimpan- , di antaranya juga : Al-'Allâmah Al-Muhaddits Hammâd Al-Anshâri, Al-'Allâmah Al-Muhaddits 'Abdul Muhsin Al-'Abbâd, Al-'Allâmah Al-Mujâhid Muhammad Amân Al-Jâmi, Al-'Allâmah Rabî' bin Hâdi Al-Madkhali, Al-'Allâmah 'Umar bin Muhammad Fallâtah, dan masih banyak lagi.
Asy-Syaikh 'Abdurrahîm Al-Bukhâri wafat pada 23 Dzulhijjah 1422 H, di dekat salah satu pintu masuk Masjid Nabawi, menjelang maghrib, dan ketika itu beliau sedang bershaum. Meninggalkan 13 anak.
Menuntut Ilmu
Asy-Syaikh 'Abdullâh bin 'Abdirrahîm hafizhahullâh tumbuh di bawah asuhan dan bimbingan kedua orang tuanya yang sangat antusias dan memiliki perhatian yang sangat besar terhadap ilmu, serta upaya mendidik anak-anak dengan pendidikan yang selamat dan lurus.
Beliau mulai menghafal Al-Qur`an semejak tahun-tahun pertama ketika beliau duduk di madrasah ibtida`iyyah di Masjid Al-Imâm Al-Bukhâri ( ayah beliau sebagai penanggung jawab di masjid tersebut ).
Beliau dikarunai kecintaan terhadap ilmu hadits sejak kecil. Karena itu beliau sangat bersemangat untuk mengumpulkan dan membaca kitab-kitab tentang ilmu hadits, bertanya tentang perkara yang sulit, dan menghafalnya.
Beliau juga sangat bersemangat untuk mempelajari kitab-kitab aqidah, karena beliau melihat kebutuhan umat yang sangat besar terhadapnya. Itu semua beliau lakukan dengan cara senantiasa rutin dan bermulâzamah di Masjid Nabawi.
Guru-gurunya antara lain :
Dalam bidang Al-Qur`an dan Tajwid
1.Asy-Syaikh Muhammad Ramadhân Ad-Dahlawi v
2.Asy-Syaikh Al-Mudaqqiq Sayyid Lâsyîn Abul Faraj hafizhahullâh, banyak menimba ilmu dari beliau, terutama dalam penarapan tilawah dan praktek langsung dalam bidang tajwid.
3.Asy-Syaikh Ahmad 'Abdul Karîm rahimahullah.
4.Asy-Syaikh Muhammad Al-Marisi rahimahullah (juru tulis di Universitas Islam Madinah dan imam di Masjid Al-Imâm Al-Bukhâri) Banyak mengambil ilmu tajwid dari beliau. Juga belajar secara khusus risalah yang berjudul Al-Burhân fî Tajwîdil Qur`an, karya Ash-Shâdiq Qamhari. Juga belajar ilmu khath, baik teori maupun praktek. Demikian juga belajar ilmu nahwu dengan mempelajari kitab Al-Âjurrûmiyyah.
5.Asy-Syaikh Mu'ammar Bakri bin 'Abdil Majîd Ath-Tharâbîsyi. Mendapat ijazah dari beliau dalam bidang Al-Qur`an. Juga mendapat ijazah umum atas semua riwayat beliau yang didapat dari gurunya Asy-Syaikh Muhammad bin Salîm Al-Hulwâni.
6.Asy-Syaikh Ahmad Al-Qâdhi hafizhahullâh. Secara khusus mengambil ilmu dalam bidang tajwid, dan mempelajari kitab Haqqut Tilâwah karya Husni Syaikh 'Utsmân.
Dalam berbagai disiplin ilmu lainnya :
1.Al-'Allâmah An-Nâshih Ash-Shâdiq Ar-Rabbâni Asy-Syaikh Muhammad Amân bin 'Ali Al-Jâmi rahimahullah. Bermulâzamah kepada beliau selama 10 tahun. Mendapatkan ijazah dari beliau atas berbagai kitab yang dipelajari dari beliau dalam berbagai disiplin ilmu, sebagaimana tertulis dalam ijazah yang sangat menjadi kebanggaan Asy-Syaikh Al-Bukhâri. Kitab-kitab yang dipelajari dari beliau, antara lain :
-Al-Ushûluts Tsalâtsah karya Syaikhul Islâm Muhammad bin 'Abdil Wahhâb
-Al-Qawâ'idul Arba' karya Syaikhul Islâm Muhammad bin 'Abdil Wahhâb
-Kitâbut Tauhid karya Syaikhul Islâm Muhammad bin 'Abdil Wahhâb
-Fathul Majîd karya Asy-Syaikh 'Abdurrahmân bin Hasan, cucu Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdil Wahhâb.
-Qurratu 'Uyûnil Muhawwidîn karya Asy-Syaikh 'Abdurrahmân bin Hasan, cucu Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdil Wahhâb.
-Tajrîdut Tauhid karya Al-Maqrîzi
-Al-'Aqidah Al-Wâsithiyyah, karya Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah.
-Al-Hamawiyyah, karya Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah.
-At-Tadmûriyyah, karya Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah.
-Syarh Al-'Aqîdah Ath-Thahâwiyyah, karya Ibnu Abil 'Izz Al-Hanafi.
-Al-Qawâ'idul Mutslâ, karya Asy-Syaikh Al-'Utsaimîn.
-Qathrun Nadâ,
-Al-âjurrûmiyyah,
-Nailul Authâr (beberapa bab), karya Asy-Syaukâni.
-Zâdul Ma'âd, karya Ibnul Qayyim.
-Kitâbush Shiyâm dari kitab Shahîhul Bukhâri.
-'Umdatul Ahkâm, karya Abdul Ghanî Al-Maqdisi.
-dan masih banyak lagi
mayoritasnya di Masjid Nabawi, sebagian lagi di masjid dekat rumah Asy-Syaikh Al-Jâmi, sebagiannya lagi di Masjid Ash-Shâni' di desa Al-Mashâni'
2.Asy-Syaikh Al-'Allâmah Al-Fâdhil 'Abdul Muhsin bin Hamd Al-'Abbâd hafizhahullâh. Bermulazamâh kepada beliau selama 16 tahun. Kitab-kitab yang dipelajari dari beliau antara lain :
-Jilid terakhir kitab Shahîh Muslim
-Shahîh Al-Bukhâri
-Sunan An-Nasâ`i
-Sunan Abî Dâwûd
-Sebagian besar Jâmi' At-Tirmidzi
-Al-Lu`lu` wal Marjân (belum sampai tamat)
-'Aqidah Ibni Abî Zaid Al-Qairâwani
Asy-Syaikh Al-Bukhâri bercerita, "Pada musim haji tahun 1420 H saya membaca di hadapan beliau satu juz Kitâbul Hajj dari kitab Syarhus Sunnah karya Al-Imâm Al-Baghawi rahimahullah. Kemudian pada musim haji tahun 1421 H saya membaca di hadapan beliau kitab Fatwâ Arkânil Islâm karya Asy-Syaikh Al-Utsaimîn. … ."
3.Asy-Syaikh Al-'Allâmah Al-Muhaddits Al-Mu`arrikh 'Umar bin Muhammad Fallâtah rahimahullah . Menghadiri pelajaran syarh terhadap kitab Shahîh Muslim, Al-Muwattha`, dan syarh tentang sirah nabawiyyah.
4.Al-'Allâmah Al-Faqîh Asy-Syaikh 'Athiyyah bin Muhammad Sâlim rahimahullah.
Menghadiri pelajaran syarh terhadap kitab Mudzakkirah Asy-Syinqithi fî Ushûlil Fiqh, dan sebagian pelajaran kitab Ar-Rahbiyyah, yang membahas tentang ilmu fara`idh, dan pelajaran kitab Syarh Al-Waraqât. Semua pelajaran tersebut di Masjid Nabawi.
5.Asy-Syaikh Al-'Allâmah An-Nâshih 'Ali bin Muhammad bin Sinân rahimahullah. Mempelajari kitab Alfiyyah Ibni Mâlik, Irsyâdhul Fuhûl karya Asy-Syaukâni, dan Ar-Raudh Al-Murabbâ' fiqh hanbali.
6.Al-'Allâmah Al-Muhaddits Al-Mujâhid An-Nâqid Asy-Syaikh Rabî' bin Hâdi Al-Madkhali hafizhâhullâh. Belajar kepada beliau di masjid dekat rumah beliau ketika itu, yaitu di kampung Al-Azhari, beberapa pelajaran antara lain pelajaran Muqaddimah Shahîh Muslim, At-Taqyîd wal îdhah karya Al-Hâfizh Al-'Irâqi, I'lâmul Muwaqqi'în karya Ibnul Qayyim, dan Ikhtishâr 'Ulûmil Hadîts karya Ibnu Katsîr.
7.Al-'Allâmah Al-Mu`arrikh Al-Lughawi An-Nassâbah Shafiyyurrahmân Al-Mubârakfûri rahimahullah. Duduk bersama beliau selama kurang lebih dua tahun. Membaca di hadapan beliau beberapa bagian yang mencukupi dari Al-Kutubus Sittah –sebagaimana tertulis dalam ijazah- dan mendapatkan ijazah Al-Kutubus Sittah dari beliau (yaitu kitab : Shahîh Al-Bukhâri, Shahîh Muslim, Sunan Abî Dâwûd, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasâ`i, Sunan Ibni Mâjah), dan juga ijazah atas semua riwayat beliau yang bersambung dengan kitab Al-Hâfizh Asy-Syaukâni Ithâful Al-Akâbir bi Isnâdid Dafâtir. Juga membaca di hadapan beliau sebagian besar kitab Jâmi' At-Tirmidzi, dan beberapa kitab dalam bidang lughah, terkhusu Nahwu dan Sharaf, dan kitab-kitab yang tersebar di negeri India, di antara kitab Syarh Mi`ah 'âmil. Juga membaca di hadapan beliau beberapa kitab aqidah, seperti Ushûlus Sunnah karya Al-Imâm Ahmad bin Hanbal, dll. Pelajaran-pelajaran tersebut mayoritas di Masjid Nabawi dalam majelis khusus.
8.Al-'Allâmah Al-Muhaddits Al-Faqîh Asy-Syaikh Ahmad bin Yahyâ An-Najmi rahimahullah. Menghadiri majelis pembacaan kitab Sunnan Abî Dâwûd di rumah kediaman Asy-Syaikh Muhammad bin Hâdi Al-Madkhali. Kemudian beliau (Asy-Syaikh An-Najmi) memberikan ijazah umum atas semua riwayatnya, dengan nama Inâlatuth Thâlibîn bi Asâdîd Kutubil Muhadditsîn.
9.Al-'Allâmah An-Nabîh Asy-Syaikh 'Alî bin Nâshir Al-Faqîhi hafizhahullâh. Membaca di hadapan beliau sejumlah besar kitab aqidah, antara lain kitab Sharîhus Sunnah karya Ibnu Jarîr Ath-Thabari, kitab Sulâlatur Risâlah fî Dzammir Rawâfidh min Ahlidh Dhalâl karya Mulâ 'Ali Al-Qâri, pada musim haji tahun 1421 H.
10.Asy-Syaikh Al-Jalîl 'Ubaid bin 'Abdillâh Al-Jâbiri hafizhahullâh. Membaca di hadapan beliau kitab Mudzakkirah Asy-Syinqîthi fî Ushûlil Fiqh, As-Sailil Jarrâh (jilid I) karya Al-'Allâmah Asy-Syaukâni rahimahullah.
11.Asy-Syaikh Al-Lughawi Al-Bâri' 'Abdurrahmân bin 'Auf Al-Kûni. Mempelajari kitab Malhatul I'rab karya Al-'Allâmah Al-Harîri, dan juga mengikuti majelis pelajaran nahwu lainnya.
Para masyâikh ahlus sunnah lainnya yang mengajar beliau di Fakultas Hadits di Universitas Islam Madinah juga termasuk guru-guru beliau.
Hubungan dengan Asy-Syaikh Al-'Allâmah 'Abdul 'Azîz bin Bâz rahimahullah dan Asy-Syaikh Al-'Allâmah Muhammad bin Shâlih Al-'Utsaimîn rahimahullah :
Beliau berdua adalah 'ulama besar Ahlus Sunnah wal Jama'ah masa ini. Tokoh besar salafiyyun masa ini yang sangat terhormat dan disegani. Ketokohan dan kapasitas keilmuan dan keshalihan beliau berdua diakui secara international, baik oleh kawan maupun lawan.
Beliau berdua merupakan guru besar Asy-Syaikh 'Abdullâh Al-Bukhâri.
Asy-Syaikh Al-Imâm 'Abdul 'Azîz bin Bâz rahimahullah
Menghadiri majelis beliau di masjid di daerah Ath-Tha`if, pada musim panas tahun 1408 H, membahas kitab Bulûghul Marâm karya Al-Hâfizh Ibnu Hajar. Kemudian hadir pula di majelis pembacaan kitab Tuhfatul Ahwadzi Syarh Jâmi'it Tirmidzi di kediaman beliau di Ath-Tha`if. Sering hadir dalam majelis-majelis beliau dan menyampaikan berbagai pertanyaan kepada beliau.
Asy-Syaikh Al-Bukhâri menuturkan : "Aku ingat, suatu waktu ketika aku bertanya kepada beliau tentang belajar di Universitas Islam Madinah. Maka beliau memberikan motivasi dan dorongan kepadaku. Kemudian aku tanya lagi tentang Fakultas Hadits, maka beliau pun makin memberikan motivasi kepadaku."
Asy-Syaikh Al-Faqîh Muhammad bin Shâlih Al-'Utsaimîn rahimahullah.
Menghadiri pelajaran-pelajaran beliau di Masjidil Haram pada sepuluh terakhir Ramadhân tahun 1407 H, ketika itu beliau mensyarh Hadits Jibril yang sangat panjang. Menghadiri pelajaran beliau di 'Unaizah pada musim panas tahun 1408 H dan 1409 H. Demikian juga senantiasa hadir dalam pelajaran beliau di Masjid Nabawi.
Hubungan dengan Asy-Syaikh Al-'Allâmah Al-Muhaddits An-Nâqid Muhammad Nâshiruddîn Al-Albâni rahimahullah.
Ketika beliau rahimahullah berziarah ke Madinah pada tahun 1408 H, maka kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh Asy-Syaikh Al-Bukhâri untuk senantiasa menghadiri seluruh majelis-majelis beliau. Majelis-majelis umum dan sebagian dari majelis khusus.
Asy-Syaikh Al-Bukhâri menuturkan kenangan manisnya bersama Asy-Syaikh Al-Albâni : "Aku merasa mulia ketika aku berkesempatan untuk menyendiri bersama beliau. Ketika itu beliau sedang berada di luar masjid hendak menuju tempat tinggalnya. Maka aku menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada beliau, sambil beliau memegang tanganku dan menyilangkan jari-jari tangan kanan beliau dengan jari-jari tangan kiriku. Kemudian beliau menanyaiku, bahwa siapa namaku dan belajarku."
Karir Ilmiah
1.Lulus dari Fakultas Hadits Al-Jâmi'ah Al-Islâmiyyah (Universitas Islam) Madinah pada tahun ajaran 1410 – 1411 H dengan peringkat : sangat baik.
2.Guru/Pengajar Ad-Dirâsât Al-Islâmiyyah (Studi Ilmu Islam) di madrasah Ibtida`iyyah dan Tsanawiyyah selama 6 tahun, di bawah Departemen Pendidikan dan Pengajaran.
3.Tahun 1417 H melanjutkan jenjang Magister (S2) di Universitas Ummul Qurâ Makkah Al-Mukarramah, Fakultas Da'wah dan Ushûlud Dîn Jurusan Al-Kitâb was Sunnah. Lulus dengan predikat cumlaod.
4.Menulis tesis magister dengan judul Marwiyyât Abî 'Ubaidah bin 'Abdillâh bin Mas'ûd 'an Abîhi Jam'an wa Dirâsatan. Diuji pada 21 – 8 – 1420 H, dan berhasil meraih cumload dengan anjuran untuk mencetak tesis tersebut.
5.Tahun 1418 H pindah dari Departemen Pendidikan dan Pengajaran ke Universitas Islam Madinah, kembali ke Fakultas Hadits jurusan Fiqhus Sunnah wa Mashâdiruhâ.
6.Berhasil meraih gelar doktor pada tahun 1426 H dengan tesis tahqîq (penelitian) atas kitab Takmilatu Syarh At-Tirmidzi karya Al-Hâfizh Al-'Irâqi, mulai awal kitab ar-radhâ' sampai pada penghujung kitab Idzâ Aflasa lirrajuli Gharîm. Dengan prestasi cumlaod pada level utama.
7.Sekarang sebagai Ustâdz Musâ'id pada Fakultas Hadits jurusan Fiqhus Sunnah wa Mashâdiruhâ.
Karya-karya Tulis :
Tidak diragukan, bahwa ikut berperan aktif dalam mengumpulkan ilmu dan menyebarkannya merupakan perkara yang sangat penting dan mulia. Allah telah memberikan nikmat dan taufiqnya kepada Asy-Syaikh Al-Bukhâri untuk juga memiliki andil yang besar pada sisi ini. Beliau memiliki banyak karya tulis ilmiah yang beliau tekuni sejak lama. Tidak lain adalah dalam rangka ikut berperan aktif menyebarkan ilmu yang bersumber dari Al-Qur`an dan As-Sunnah di atas manhaj salaf.
Di antara karya tulis beliau :
1.Marwiyyât Abî 'Ubaidah bin 'Abdillâh bin Mas'ûd 'an Abîhi Jam'an wa Dirâsatan (karya tulis), dicetak oleh penerbit Dâr Adhwâ'is Salaf Al-Mishiryyah.
2.Takmilatu Syarh At-Tirmidzi karya Al-Hâfizh Al-'Irâqi (tahqîq). Belum dicetak.
3.Manârus Sabîl bi Takhrîji Juz`i Ibni Dîzîl (tahqîq) dicetak oleh penerbit Al-Ghurabâ` Madinah pada tahun 1413 H. dicetak ulang lagi pada tahun ini 1429 H oleh penerbit Dâr Al-Imâm Ahmad Mesir.
4.Ithâful Nubalâ` bi Adillati Tahrîm Ityânil Mahal Al-Makrûh minan Nisâ` (karya tulis) dicetak pada tahun 1414 H, oleh penerbit Dârul Ghurabâ` Madinah, dicetak ulang pada tahun 1428 H oleh penerbit Dârul Minhâj, Mesir.
5.Riyâdhul Jannah bi Takhrîji Ushûlis Sunnah libni Abî Zamanin (tahqîq dan takhrîj) dicetak tahun 1414 H oleh penerbit Dârul Ghurabâ`, dicetak ulang oleh Dâr Adhwâ`is Salaf, Mesir pada tahun ini 1429 H.
6.Tuhfatul Ikhwân bi Takhrîji Majlisi min Amâli Ibni Bisyrân (takhrîj dan tahqîq) masih tulisan tangan belum dicetak.
7.At-Tanbîh wal Irsyâd litajâwuzât Mahmûd Al-Haddâd (karya tulis), fotocopy, publikasi tahun 1414 H.
8.Al-Fathul Rabbâni fir Radd 'alâ Abil Hasan As-Sulaimâni (karya tulis) dicetak tahun 1424 H oleh penerbit Dârul âtsâr, Yaman, dan dicetak pula pada tahun 1425 H oleh penerbit Dâr Mâjid 'Asîrî, Jeddah – Saudi.
9.At-Taudhîhul Abhar li Tadzkirati Ibnil Mulaqqin fî 'Ilmil Atsar karya Al-Hâfizh As-Sakhâwi (tahqîq) dicetak oleh Dâr Adhwâ`is Salaf, Riyadh – Saudi tahun 1418 H, dan tahun ini dicetak lagi oleh penerbit Dâr Al-Imâm Ahmad, Mesir.
10.Al-Maqâlat Asy-Syar'iyyah/kumpulan pertama, (karya tulis), dengan pengantar dari Al-'Allâmah Asy-Syaikh Ahmad An-Najmi rahimahullah dan Al-'Allâmah Asy-Syaikh Zaid Al-Madkhali hafizhahullâh, dicetak oleh Dârul Madînah Al-'Amaliyyah, Imarat pada tahun 1428 H, dan dicetak pula oleh Dâr Adhwâ`is Salaf, Mesir pada tahun yang sama.
11. Al-Maqâlat Asy-Syar'iyyah/kumpulan kedua (karya tulis), dicetak oleh Dâr Adhwâ`is Salaf, Mesir pada tahun 1429 H.
12. Al-Ajwibah Al-Madaniyyah 'an Al-As`ilatil Haditsiyyah (karya tulis) dicetak pada tahun 1429 H oleh penerbit Dârul Istiqamah, Mesir.
13.Mushthalahâtul Muhadditsîn fî Kitâbatil Hadîts wa Dhabthihi wa Ishlâhihi (pembasan ilmiah) telah diuji oleh Universitas Al-Imâm Muhammad bin Su'ûd. Diangkat oleh universitas dan akan ditampilkan dalam beberapa edisi majalah universitas. Semoga Allah memudahkan penerbitannya.
14.Su`âlât Al-Imâm Abî Zur'ah Ad-Dimasyqi li Al-Imâm Ahmad bin Hanbal fi Kitâbihi (at-Târîkh), Jam'an wa Dirâsatan (karya tulis), pembahasan ilmiah telah diuji oleh Lembaga Riset Ilmiah Universitas Islam Madinah. Kemudian akan dicetak oleh Dârul Istiqâmah, Mesir. Semoga Allah memudahkan penerbitannya.
15.Tamâmul Minnah bi Syarh Ushûlis Sunnah li Al-Imâm Al-Humaidi (transkrip atas pelajaran) – (karya tulis), dicetak oleh Dârul Istiqâmah, Mesir tahun 1429 H.
16.At-Ta'liqât Ar-Radhiyyah 'alâ Al-Manzhûmah Al-Baiqûniyyah (karya tulis), akan dicetak oleh Dârul Istiqâmah, Mesir. Semoga Allah memudahkan penerbitannya.
17.Kemudian Dârul Istiqâmah juga meminta naskah transkrip atas transkrip 2 kaset syarh kitab Al-Mûqizhah karya Adz-Dzahabi. Semoga Allah memudahkan penerbitannya.
18.At-Ta'liqât Ar-Radhiyyah 'alâ Al-'Aqîdah Al-Wâsithiyyah karya Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah. Syarh yang telah ditranskrip, tahun 1424 H. Naskahnya diminta oleh Dârul Falâh untuk dicetak. Saat ini masih dalam proses murâja'ah.
Dan masih banyak lagi selain yang tersebut di atas. Semoga Allah membantu dan memudahkan.
Kitab-kitab yang diajarkan :
Kitab-kitab yang diajarkan oleh Asy-Syaikh Al-Bukhâri hafizahullâh dalam berbagai pelajaran beliau, antara lain :
1.Haqqut Tilâwah, dalam bidang ilmu tajwid. Karya Husni Syaikh 'Utsmân.
2.Al-Burhân fi Tajwîdil Qur`an , karya Ash-Shâdiq Al-Qamhâwi.
3.Al-Ushûlts Tsalâtsah.
4.Al-Qawâ'idul Arba'ah.
5.Kitâbut Tauhîd (ketiga kitab ini karya Al-Imâm Muhammad bin 'Abdil Wahhâb v).
6.Fathul Majîd Syarh Kitâbit Tauhîd.
7.Sullamul Wushûl, karya Al-'Allâmah Hâfizh Hakami.
8.Ushûlus Sunnah, karya Al-Humaidi.
9.As-Sunnah, karya Al-Muzani.
10.Sharîhus Sunnah, karya Ibnu Jarîr Ath-Thabari.
11.As-Sunnah, karya 'Abdullah bin Al-Imâm Ahmad.
12.Al-Imân, karya Abû 'Ubaid Al-Qâsim bin Sallâm.
13.Kitâbut Tauhîd dari kitab Shahîh Al-Bukhâri.
14.Kitâbul Imân dari kitab Shahîh Al-Bukhâri.
15.Al-Wâsithiyyah, karya Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah.
16.Kitâbur Riqâq dari kitab Shahîh Al-Bukhâri.
17.Al-Manzhûmah Al-Baiqûniyyah.
18.Ikhtishâr 'Ulûmil Hadîts, karya Ibnu Katsîr.
19.At-Taudhîhul Abhar li Tadzkirati Ibnil Mulaqqin fî 'Ilmil Atsar karya Al-Hâfizh As-Sakhâwi.
20.Al-Mûqizhah karya Adz-Dzahabi.
21.Al-Muqni' fî 'Ulûmil Hadîts karya Ibnul Mulaqqin.
22.Irsyâd Thullâbil Haqâ`iq, karya Al-Hâfizh An-Nawawi.
23.Muqaddimah Shahîh Muslim bin Al-Hajjâj.
24.Nukhbatul Fikar fî Mushthalahi Ahlil Atsar, karya Al-Hâfizh Ibni Hajar.
25.Mukhtashar Shahîhil Bukhâri, karya Az-Zubaidi.
26.Al-Adabul Mufrad karya Al-Imâm Al-Bukhâri.
27.'Umdatul Ahkâm Al-Kubrâ karya Al-Hâfizh Al-Maqdisi.
28.'Umdatul Ahkâm Ash-Sughrâ karya Al-Hâfizh Al-Maqdisi.
29.Bulûghul Marâm min Adillatil Ahkâm karya Al-Hâfizh Ibnu Hajr.
30.Al-Anjam Az-Zâhirât 'ala Hill Alfâzhil Waraqât, karya Al-Mâridîni Asy-Syâfi'i.
31.Al-Arba'în An-Nawawiyyah.
32.Minhâjus Sâlikîn, karya Al-'Allâmah As-Sa'di.
33.Bahjatul Qulûbil Abrâr, karya Al-'Allâmah As-Sa'di.
34.Al-Muharrar fîl Hadîts, karya Al-Hâfizh Ibnu 'Abdil Hâdi.
35.Ar-Risâlah At-Tabûkiyyah, karya Al-Imâm Ibnul Qayyim.
36.Al-Wâbilush Shayyib min Al-Kallimith Thayyib, karya Al-Imâm Ibnul Qayyim.
37.Ad-Durûsul Muhimmah li 'âmmatil Ummah, karya Al-'Allâmah 'Abdul 'Aziz bin Baz.
38.Dhawâbithul Jarh wat Ta'dîl, karya 'Abdul 'Azîz 'Abdul Lathîf.
39.Ar-Raf'u wat Takmîl fil Jarh wat Ta'dîl, karya Al-Kanawi Al-Hindi.
40.Thuruq Takhruju Hadîts Rasûlillâh .
41.Al-Jâmi' li Akhlâqir Râwi wa âdâbis Sâmi', karya Al-Hâfizh Al-Khathîb Al-Baghdâdi.
42.Al-Âjurrûmiyyah.
Dan masih banyak lagi lainnya.
Para 'Ulama Senior yang memberikan Ijazah
Para 'ulama kibâr (senior) Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang memberikan ijazah kepada Asy-Syaikh 'Abdullâh Al-Bukhâri, antara lain :
1.Asy-Syaikh Bakri Ath-Tharâbîsyi.
2.Al-'Allâmah An-Nâshih Ash-Shâdiq Ar-Rabbâni Asy-Syaikh Muhammad Amân bin 'Ali Al-Jâmi rahimahullah.
3.Al-'Allâmah Al-Mu`arrikh Al-Lughawi An-Nassâbah Shafiyyurrahmân Al-Mubârakfûri rahimahullah.
4.Al-'Allâmah Al-Muhaddits Al-Faqîh Asy-Syaikh Ahmad bin Yahyâ An-Najmi rahimahullah.
5.Asy-Syaikh Al-'Allâmah Al-Muhaddits Abû Muhammad Badî'uddîn Asy-Syahur Rasyîd As-Sindi Asy-Syarîf rahimahullah. Ijazah "Munjidul Mustajîz li Riwâyatis Sunnah wal Kitâbil 'Azîz" tertanggal 15 Rajab 1416 H.
Dan masih banyak lagi. Ada pula para 'ulama yang mengirimkan ijazah kepada beliau, tanpa beliau minta.
Pujian dan Tazkiyyah Al-'Allâmah Al-Muhaddits Al-Mujâhid Al-Wâlid Asy-Syaikh Rabî' bin Hâdi Al-Madkhali hafizhahullâh
Asy-Syaikh Rabî' ditanya : "Bagaimana pendapat engkau menghadiri pelajaran-pelajaran yang disampaikan oleh Asy-Syaikh 'Abdullâh Al-Bukhâri?"
Beliau hafizhahullâh menjawab : "Saya menasehatkan kepada kaum muda di Madinah untuk menghadiri pelajaran-pelajaran yang disampaikan oleh Al-Akh 'Abdullâh Al-Bukhâri, karena sesungguhnya dia adalah termasuk orang-orang terbaik di kalangan Ahlus Sunnah, dan termasuk orang-orang yang senantiasa membelanya dalam setiap kesempatan sepengetahuanku. Dia rajin menulis, beraktivitas, dan bergerak dalam rangka membela sunnah dan ahlus sunnah lebih banyak daripada mayoritas orang-orang yang memeranginya dari kalangan ahlul ahwâ` (pengikut hawa nafsu), baik dulu maupun sekarang. Jadi dia (Asy-Syaikh 'Abdullâh Al-Bukhâri) adalah di antara orang-orang terbaik di kalangan ahlus sunnah, Insyâ`allâh. Kita memohon kepada Allah agar mengokohkan kita dan dia di atas sunnah dan menjadi kita semua bermanfaat. Tidaklah aku tahu tentangnya, kecuali dia adalah salafy yang baik. Kita semua sering berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang sering berbuat salah adalah orang yang senantiasa bertaubat.
Maka saya wasiatkan dengan pria ini (Asy-Syaikh 'Abdullâh), karena dia di antara lulusan terbaik Al-Jâmi'ah Al-Islâmiyyah (Universitas Islam Madinah), menyandang gelar magister, dan sekarang sedang menempuh doktoral. Dia orang yang sangat cerdas, pemuda yang sangat cerdas. Saya mengenalnya berada di atas manhaj salafi, insyâ`allâh. Maka hadirlah kalian (pada pelajaran-pelajaran)nya, dan ambillah faedah darinya."
[Tazkiyyah ini beliau sampaikan pada hari Jum'at 14 Jumâdal Ulâ 1425 H, dalam tanya jawab pada pelajaran Kitâbusy Syarî'ah karya Al-Imâm Al-âjurri (Bab : Beriman kepada Telaga yang diberikan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam), tepatnya pada menit 42 : 35]
(Sumber : Email dari al Akh Abu Amr. File PDF di http://www.salafy.or.id/upload/biografialBukhari.pdf)
Sumber : http://www.salafy.or.id
http://www.salafy.or.id/modules/artikel2/artikel.php?id=1463